Minggu, 22 Januari 2012

perkembangan internet



Tugas 1
Perkembangan Internet
Tugas Mata Kuliah Jaringan Informasi Digital 
Dosen pembimbing : Moh.Syafie
Roifa Darojatin / 100213306150
D3 PERPUSTAKAAN

PERKEMBANGAN INTERNET

Riwayat dari Internet dimulai dengan pembangunan dari komputer pada tahun 1950. Ini dimulai dengan titik awal untuk memulai komunikasi di antara komputer mainframe dan terminal, diperluas untuk menunjuk koneksi di antara komputer kemudian penelitian awal ke dalam sambungan paket. Paket menukarkan jaringan seperti ARPANET, Ditandai di NPL pada UK, CYCLADES,sehinnga patut mendapat Jaringan seperti, Tymnet, dan Telenet, dikembangkan di akhir thn 1960 dan 1970 penggunaan awal berbagai protokol. ARPANET khususnya berfungsi untuk pembangunan dari protokol untuk antar jaringan, dimana beberapa jaringan terpisah dan dapat bekerja sama ke dalam satu jaringan ke jaringan yang lain.
            Pada 1982 Pemakaian Protokol Internet (TCP / IP) distandarkan dan konsep dari satu jaringan ke seluruh dunia dari TCP saling behubungan / jaringan IP disebut jaringan Internet. Akses ke ARPANET diperluas pada  tahun 1981 ketika Pengetahuan Nasional Pondasi (NSF) dikembangkan Jaringan Ilmu Komputer (CSNET) dan lagi pada tahun 1986 ketika NSFNET menyediakan akses ke situs supercomputer pada Amerika Serikat dari organisasi penelitian dan Pendidikan. Penyedia jasa internet komersil (ISPs) berawal muncul di akhir tahun1980 dan 1990. ARPANET adalah jaringan untuk penelitian pada tahun 1990. Dan internet diperdagangkan pada tahun 1995 ketika NSFNET adalah menyingkirkan pembatasan terakhir pada penggunaan dari Internet untuk membawa lalu lintas komersil.
            Sejak pertengahan tahun 1990 Internet Yang telah mempunyai satu dampak drastis pada budaya dan perdagangan, meliputi komunikasi yang berkembang pesat melalui elektronik, Protokol Internet lewat menyatakan (VoIP) "panggil menelpon", video interaktif dua jurusan panggil, dan Jaringan Internet Seluruh Dunia dengan bahasan forum, blogs, jejaring sosial, dan situs berbelanja online. Komunitas penelitian dan Pendidikan berlanjut mengembangkan dan mempergunakan jaringan lanjutan seperti NSF sangat Jaringan backbone kecepatan tinggi Jasa (vBNS), Internet2, dan LambdaRail Nasional. Meningkatnya jumlah data yang dikirimkan ke lebih tinggi dan semakin tinggi kecepatan jaringan optik serabut mengoperasikan pada 1 - Gbit / s, 10 - Gbit / s, atau lebih. Internet berlanjut menumbuh, dipandu oleh semakin besar jumlah keterangan online dan pengetahuan, perdagangan, penjaringan hiburan dan kemasyarakatan. Ini diperkirakan pada tahun 1993 Internet yang membawa hanyalah 1% alir keterangan melalui telekomunikasi dua jurusan. Oleh 2000 figur ini telah menumbuh ke 51%, dan pada tahun 2007 lebih dari 97% semua keterangan telekomunikasi dipindahkan ke Internet. 
          Sejarah Internet dimulai dengan pengembangan komputer pada tahun 1950. Hal ini dimulai dengan menunjuk mainframe komunikasi antara komputer dan terminal, diperluas untuk menunjuk sambungan paket koneksi antara komputer dan kemudian ke penelitian awal. Paket penukar jaringan seperti ARPANET, Tandai di NPL Inggris , CYCLADES, Patut mendapat Jaringan, Tymnet, Telenet dan dikembangkan pada tahun 1960 dan awal tahun 1970 menggunakan berbagai protokol. Antar jaringan ARPANET secara khusus mengarah pada pengembangan untuk protokol dibeberapa jaringan yang terpisah dapat bergabung bersama-sama dari suatu jaringan ke jaringan yang lain.
            Pada tahun 1982 Pemakaian Protokol Internet (TCP / IP) adalah standar dan konsep jaringan di seluruh dunia yang menjual TCP berhubungan sepenuhnya / IP Internet tersebut diperkenalkan. Akses ke ARPANET diperluas pada tahun 1981 ketika Fondasi Pengetahuan Nasional (NSF) mengembangkan Ilmu Komputer Jaringan (CSNET) dan pada tahun 1986 ketika NSFNET menyediakan akses ke situs superkomputer di Amerika Serikat dari organisasi penelitian dan pendidikan. Internet Penyedia layanan komersial (ISP) mulai muncul pada akhir tahun 1980 dan 1990. ARPANET dinonaktifkan pada tahun 1990. Internet dikomersialisasikan pada tahun 1995 saat NSFNET dinonaktifkan, Internet menghilangkan pembatas terakhir pada penggunaan untuk membawa lalu lintas komersial
 
           Sejak pertengahan tahun 1990 telah membawa dampak drastis pada budaya dan perdagangan Internet, incl. Bangkitnya dekat komunikasi instan melalui surat elektronik, pesan instan, Protokol Internet lewat (VoIP) "panggilan telepon", video dua arah panggilan interaktif, Jaringan Internet Seluruh Dunia dan forum dengan diskusi nya, blog, jaringan sosial, dan situs belanja online. Tulang Belakang Komunitas riset dan pendidikan terus mengembangkan dan menggunakan jaringan canggih seperti Jaringan sangat tinggi NSF kecepatan Layanan (vBNS), Internet2, Nasional dan LambdaRail. Data Meningkatnya jumlah serabut optik yang ditransmisikan pada kecepatan yang lebih tinggi melalui jaringan beroperasi pada 1 - Gb / s, 10 - Gb / s, atau lebih. terus tumbuh Internet, didorong oleh semakin besar jumlah informasi dan pengetahuan online, perdagangan, hiburan dan jaringan sosial. 
            Diperkirakan bahwa pada tahun 1993 Internet dilakukan hanya 1% dari informasi yang mengalir melalui dua arah telekomunikasi. Pada tahun 2000 angka ini telah tumbuh menjadi 51%, dan pada 2007 lebih dari 97% Internet dari semua informasi dilakukan melalui telekomunikasi.  
 
Prekursor
           Internet prekursor yang kembali ke abad 19, terutama sistem telegraf, Internet lebih dari satu abad sebelum menjadi digital yang banyak digunakan pada tahun 1990. Data Konsep komunikasi data transmisi antara dua tempat yang berbeda, media terhubung melalui beberapa jenis elektromagnetik, radio seperti kawat listrik mendahului pengenalan komputer pertama. Sistem komunikasi seperti itu biasanya terbatas pada titik ke titik komunikasi antara dua perangkat akhir. Sistem telegraf dan mesin teleks dapat dianggap prekursor awal komunikasi semacam ini.

            Unit awal komputer menggunakan teknologi yang tersedia pada saat itu untuk memungkinkan komunikasi antara remote terminal dan pengolahan pusat. Sebagai teknologi yang berkembang, sistem baru dirancang untuk memungkinkan komunikasi jarak yang lebih jauh  atau dengan kecepatan yang lebih tinggi (untuk interkoneksi perangkat lokal) yang diperlukan untuk memodelkan mainframe komputer. Data ini menggunakan teknologi yang mungkin untuk pertukaran remote antara komputer. Namun, titik ke titik memodelkan komunikasi terbatas, karena tidak memungkinkan untuk komunikasi langsung antara dua system yang berbeda, menghubungkan sebuah fisik yang diperlukan. Teknologi ini juga dianggap sebagai inheren tidak aman untuk penggunaan strategis contohnya seperti militer, karena tidak ada jalan alternatif untuk komunikasi dalam kasus serangan musuh.
Korporasi gundukan dan ARPANET
Intinya seorang perintis meminta satu jaringan global, J. C. R. Licklider, diartikulasikan ide pada Januari tahun 1960, yang menganak buahi Simbiosis Komputer."Satu jaringan [computers]  dihubungkan satu sama lain oleh komunikasi band lebar garis [which provided] berfungsi mengantisipasi mulai dari perpustakaan bersama-sama dengan menyimpan data untuk keterangan dan perolehan kembali  [other] yang berfungsi simbiotik."
Pada tahun 1969, Robert Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengimplementaskan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian dikenal sebagai ARPANET. Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University of California, Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada jam 22:30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang yang bergabung, yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat (4) simpul jaringan. ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada tahun 1981, jumlah simpul yang tersambung menjadi 213. 
Pada tahun 1969, Robert Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengimplementaskan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian dikenal sebagai ARPANET. Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University of California, Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada jam 22:30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang yang bergabung, yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat (4) simpul jaringan. ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada tahun 1981, jumlah simpul yang tersambung menjadi 213.
Selain jaringan untuk penelitian seperti ARPANET dan X.25, para hobbiis komputer juga mengembangkan teknik jaringan sendiri yang kemudian cukup populer, yaitu UUCP. Masalah terbesar pada teknik ini adalah bagaimana supaya berbagai jenis peralatan jaringan, seperti telepon, radio, kabel LAN yang secara fisik sangat berbeda dapat berkomunikasi satu sama lain. Keberagaman media fisik jaringan mendorong pengembangan tatacara komunikasi (protokol komunikasi) yang mampu melakukan internetworking, sehingga banyak jaringan kecil dapat saling tersambung menjadi satu menjadi jaringan komputer maha besar.
Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol Internet memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda. Dalam bahasa yang sederhana, komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara global yang kemudian hari kita kenal sebagai “Internet”. 
  Selain protokol Internet, hal lain yang tidak kalah penting dalam perkembangan Internet adalah metode pengalamatan di Internet. Jon Postel dari Information Science Institute (ISI) di University of Southern California (USC) adalah orang yang sangat berjasa di balik berbagai alokasi alamat IP Internet, manajemen Domain Name System (DNS), tipe media, dan berbagai alokasi nomor untuk tata cara komunikasi penting di Internet. Hingga wafatnya pada tanggal 16 Oktober 1998, Jon Postel mengelola Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Pada tanggal 21 Juli 1998, Jon Postel memperoleh Silver Medal dari International Telecommunications Union (ITU) atas jasa-jasanya membangun Internet di dunia. Saat ini, IANA dioperasikan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).
Komersialisasi dan privatisasi Internet mulai terjadi pada tahun 1980-an di Amerika Serikat dengan di ijinkannya Internet Service Provider (ISP) untuk beroperasi. Internet mulai booming pada tahun 1990-an. dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam budaya dan dunia usaha. Internet menawarkan pola komunikasi cepat menggunakan e-mail, diskusi bebas di forum, dan Web. 
sambunganpaket 
            Pada ujung masalah yang meletakkan emisi dengan fisik terpisah penghubung terhubung dengan jaringan membentuk satu jaringan yang logis. Selama tahun 1960, Paul Baran (Korporasi gundukan), dihasilkan satu pembahasan dari survivable terhubung jaringan untuk keterangan mengirimkan ke lain jaringan dan akan dibagi ke dalam suatu pemanggilan pesan darurat. Dengan mandiri, Donald Davies (Laboratori Phisik nasional, UK), diusulkan dan dikembangkan satu jaringan serupa mendasari pada apa yang memanggil sambungan paket, masa itu akhirnya akan menjadi diadopsi. Leonard Kleinrock (MIT) mengembangkan teori matematis di belakang teknologi ini. Sambungan paket menyediakan baik lebarnya pita pemanfaatan dan waktu tanggap dibandingkan sirkuit tradisional teknologi tombol yang dipergunakan untuk teleponi, terutama pada interkoneksi terbatas sumber daya bertautan. 
    Sambungan paket adalah satu penyimpanan cepat dan desain penjaringan maju terpecah itu pesan naik ke dalam paket berubah-ubah, dengan keputusan membuat per paket. Jaringan awal mempergunakan pesan untuk menukarkan sistem yang kaku untuk diperlukan struktur mudah mendapat ke titik lajang dari kegagalan. Ini di pimpin oleh Tommy Krash dan U.Snya Paul Baran. penelitian didanai untuk memfokuskan pada blok pesan penggunaan untuk meliputi pemborosan jaringan, yang pada gilirannya memimpin ke perkotaan tersebar luas legenda yang Internet didisain untuk melawan gempuran nuklir.
Terhubung jaringan ke Internet
 ARPANET
         Len Kleinrock dan yang pertama Alat Penghubung Prosesor Pesan.Ditingkatkan dari kepala kantor informasi pengolahan di DARPA, Robert Taylor berniat menyadari idenya Licklider dari satu sistem penjaringan yang saling behubungan. Membawa masuk Larry Roberts dari MIT, dia memulai satu proyek untuk membangun jaringan seperti itu. Yang pertama penghubung ARPANET didirikan di antara universitas dari California, Los Angeles  dan Stanford meneliti Lembaga pada jam 22:30  tanggal 29 Oktober, 1969."Kita membangun satu koneksi telpon oleh SRI Kleinrock dikatakan pada sebuah wawancara: "Kita mengetik l dan kita meminta pada telpon, tanggal 5 Desember, 1969, yang besar dihubungkan dan  menambahkan 4 jaringan dari universitas Utah dan universitas dari California, Santa Barbara. Membangun pada ide dikembangkan di ALOHAnet, ARPANET tumbuh dengan cepat. ARPANET jadi inti teknis dari apa yang akan menjadi Internet, dan satu alat primer di perkembangan teknologi saat ini. Pembangunan ARPANET dipusat sekitar Request for Comments (RFC) proses, masih terpakai hari ini untuk mengajukan dan membagikan Protokol Internet dan Sistem. RFC 1, diberi hak "Selenggarakan Perangkat Lunak", ditulis oleh Steve Crocker dari universitas dari California, Los Angeles, dan terpublikasi pada 7 April, 1969. Tahun awal ini didokumentasikan pada 1972 memfilmkan Jaringan Komputer: Bentara dari Berbagi sumber daya.
NPL 
        Pada tahun 1965, Donald Davies dari Phisik Nasional Laboratori (Kerajaan Inggris) diajukan satu jaringan data nasional berlandaskan sambungan paket. Usulan bukan didiskusikan seluruh negara, tapi  pada tahun 1970 dia yang punya desain dan bangunan paket Penanda menukarkan jaringan untuk menjumpai kebutuhan dari laboratori multidisciplinary dan membuktikan teknologi di bawah kondisi operasional. Pada tahun 1976 12 komputer dan 75 alat terminal disertakan dan lebih ditambahkan hingga jaringan digantikan sampai tahun 1965.
Korporasi gundukan dan ARPANET 
            Seorang pelopor mendasar, dengan sebutan jaringan global, JCR Licklider, IDE diartikulasikan pada tahun 1960 makalahnya Simbiosis Januari, dan mendalami Komputer."Sebuah jaringan seperti komputer terhubung satu sama lain dengan luas menyatukan jalur komunikasi yang disediakan berfungsi untuk perpustakaan saat ini bersama dengan kemajuan diantisipasi dalam penyimpanan informasi dan pengambilan data."Pada bulan Agustus 1962, Licklider dan Welden Clark menerbitkan buku "Komunikasi on-line Komputer Orang", salah satu deskripsi pertama jaringan masa dep
        Pada bulan Oktober 1962, Bicu Licklider dipekerjakan oleh Ruina Sebagai Direktur Kantor Pengolahan Baru Dibentuk Informasi Teknik (IPTO) dalam DARPA, dengan mandat untuk interkoneksi Amerika Serikat Departemen komputer utama Pertahanan di Gunung Cheyenne, Pentagonal, KANTUNG dan HQ. Disana ia membentuk kelompok dalam DARPA untuk penelitian komputer lebih lanjut informal. Dia mulai dengan menulis dan menjelaskan jaringan didistribusikan ke staf IPTO, yang disebutnya "Anggota dan Afiliasi dari intergalaksi Jaringan Komputer". Prosa Sebagai bagian dari peran informasi kantor, terminal tiga jaringan telah dipasang: Pembangunan Korporasi satu untuk Sistem di Santa Monica, universitas satu untuk Jin Proyek di California, Berbagi Waktu Berkeley dan satu untuk proyek Lembaga Sistem Kompatibel Di Massachusetts dari Teknologi (MIT). Perlunya Licklider diidentifikasi untuk antar jaringan yang akan dibuat jelas disebabkan oleh limbah sumber daya ini.
             "Terminal untuk masing-masing tiga, yaitu menyetel yang berbeda dari perintah pengguna. Jadi, jika kita berbicara dengan seseorang di SDC dan kita ingin berbicara dengan seseorang yang  dikenal di Berkeley atau MIT tentang online ini, terminal harus bangun dari SDC, pergi dan login ke terminal membohongi dan berhubungan dengan mereka. Saya katakan, sudah jelas apa yang harus dilakukan (Tapi aku tidak ingin melakukannya). Jika memiliki tiga terminal, harus ada satu yang terjadi di manapun Anda ingin pergi di mana Anda telah komputasi interaktif Itu gagasan ARPAnet.

          Robert W. Taylor, penulis co dengan Licklider dari "Komputer sebagai Perangkat Komunikasi", dalam sebuah wawancara dengan Times New York, Meskipun ia meninggalkan IPTO pada tahun 1964, lima tahun sebelum ARPANET hidup universal, yaitu visinya tentang jaringan yang memberikan dorongan yang dipimpin penerusnya seperti Lawrence Roberts dan Robert Taylor untuk pengembangan lebih lanjut ARPANET. Licklider kemudian kembali untuk memimpin IPTO pada tahun 1973 selama dua tahun. 
Di ujung masalah diletakkan anggapan menghubungkan jaringan fisik yang terpisah untuk membentuk satu jaringan logis. Selama tahun 1960, Paul Baran (Korporasi gundukan), menghasilkan studi jaringan survivable untuk percobaan. Informasi yang dikirimkan melalui jaringan barang itu akan dibagi menjadi apa yang disebut ' pesan blok ' Independen, Donald Davies (Laboratori Phisik nasional, Inggris), diusulkan dan dikembangkan jaringan yang sama berdasarkan apa yang disebut paket menukarkan, yang pada akhirnya akan diadopsi foreign terminology. Leonard Kleinrock (MIT) mengembangkan teori matematika di balik teknologi ini. Sambungan paket lebar-pita menyediakan utilisasi yang lebih baik dan waktu respon dari teknologi mengitari tradisional yang digunakan untuk telepon tombol, terutama pada rangkaian terbatas sumber daya yang menghubungkan interkoneksi.
 
            Packet switching adalah toko yang berkembang pesat dengan desain jaringan yang membagi pesan hingga menjadi bermacam-macam paket sambungan paket, dengan menaklukkan keputusan yang dibuat per paket. Awal jaringan digunakan pesan diaktifkan sistem yang diperlukan struktur menaklukkan yang kaku rentan terhadap titik tunggal kegagalan. Hal ini menyebabkan Tommy Krash dan Paul Baran riset Seperti yang didanai militer untuk fokus pada menggunakan pesan blok untuk memasukkan redundansi jaringan,  [6] Internet yang pada gilirannya menyebabkan legenda perkotaan luas bahwa dirancang untuk menahan serangan nuklir.
           Kolaborasi Internasional ARPANET sangat jarang. untuk berbagai alasan politik, pengembang Eropa khawatir dengan mengembangkan jaringan X.25. Pengecualian adalah Menjajarkan seismik Norwegia (NORSAR) pada tahun 1972, diikuti pada tahun 1973 oleh Swedia dengan menghubungkan satelit ke Tanum Stasiun Bumi dan kelompok riset Mereda Kirstein Di Inggris, awalnya di Institut Ilmu Komputer, London di universitas Perguruan Tinggi dan kemudian di London 
        Merit Network dibentuk pada tahun 1966 sebagai Keterangan penelitian Bidang Pendidikan Michigan Tiga Serangkai untuk mengeksplorasi penjaringan komputer di antara tiga umumnya Michigan universitas seperti bermakna untuk menolong status bidang pendidikannya dan pembangunan ekonomi. Dengan dukungan inisial dari State of Michigan dan National Science Foundation (NSF), paket yang menukarkan jaringan yang pertama dipertunjukkan di tahun 1971 ketika satu penyelenggara interaktif untuk menyelenggarakan koneksi dibuat di antara IBM mainframe computer.  sistem pada University of Michigan di Ann Arbor dan Wayne State University di Detroit Di bulan Oktober tahun 1972 koneksi ke CDC mainframe di Michigan State University di timur Lansing dilengkapi tiga serangkai. Berlalu beberapa tahun kemudian sebagai tambahan terhadap penyelenggara untuk menyelenggarakan koneksi interaktif jaringan ditambahkan untuk mendukung terminal ke koneksi penyelenggara, selenggarakan untuk menyelenggarakan koneksi batch (ketundukan tugas jarak jauh, cetak remote, mengumpulkan transfer file), file interaktif kirim, pintu gerbang ke Tymnet dan Telenet public data networks,   X.25,  Ethernet alat pelengkap host, pintu gerbang ke data jaringan X.25,  TCP/IP menyertakan penyelenggara, dan padahal public universities in Michigan dan tambahan gabungkan jaringan.  Semua setelan ini langkah untuk perannya Bintang Jasa pada NSFNET proyeksikan memulai pada pertengahan 1980.
CYCLADES
 CYCLADES jaringan sambungan paket adalah satu Perancis meneliti didisain jaringan dan terarah oleh Louis Pouzin. Pertama dipertunjukkan pada 1973, ini dikembangkan untuk mengeksplorasi alternatif ke awal ARPANET mendisain dan untuk mendukung penelitian jaringan umumnya. Ini adalah yang pertama terhubung jaringan untuk membuat penyelenggara bertanggung jawab untuk pengiriman yang dapat dipercaya dari data, mungkin dibandingkan jaringan sendiri, penggunaan unreliable datagrams dan akhir berhubungan untuk berakhir mekanisme protokol.  
X.25 data publik yang terhubung jaringan
            Berlandaskan penelitiannya ARPA, sambungan paket terhubung jaringan standar dikembangkan oleh International Telecommunication Union (ITU) pada bentuk dari X.25 dan standar terkait. Sementara mempergunakan packet switching, X. 25 dibangun pada konsep dari sirkuit maya menandingi koneksi telpon tradisional. Pada 1974, X. 25 dibentuk landasan SERCnet terhubung jaringan di antara Britania akademis dan situs penelitian, yang kemudian jadi JANET. Standar itu awal pada X.25 disetujui di bulan tahun Maret 1976.  British Post Office, Western Union International dan Tymnet bekerjasama menciptakan yang pertama internasional paket menukarkan jaringan, dikenal sebagai CompuServe (IPSS), pada 1978. Jaringan ini tumbuh dari Eropa dan KITA untuk meliputi Kanada, Hong Kong dan Australia oleh 1981. Oleh 1990snya sediakan satu infrastruktur penjaringan di seluruh dunia.  
       ARPANET tidak sama dengan, X. 25 biasanya tersedia untuk penggunaan bisnis. Telenet ini menawarkan layanan pos elektronik Telemail, termasuk juga target ke penggunaan perusahaan agak dibandingkan e-mail umum sistem dari ARPANET.Yang pertama umum lempengan jam di tak serempak terpakai jaringan TTY protokol terminal untuk menjangkau satu concentrator mengoperasikan pada jaringan publik. Beberapa jaringan, seperti itu CompuServe, terpakai X.25 ke terdiri dari banyak bagian sesi terminal ke dalam paket mereka menukarkan tulang belakang, sementara lain-lain, seperti itu Tymnet, dipergunakan protokol dimiliki. Pada 1979,  CompuServe dijadikan yang pertama jasa untuk tawarkan electronic mail dukungan kemampuan dan teknis ke pemakai komputer pribadi. Perusahaan patahkan asas lagi pada 1980 seperti yang pertama untuk tawarkan real-time chat dengan CB Simulator. Utama lain lempengan jam di jaringan adalah America Online (AOL) dan Prodigy yang juga menyediakan komunikasi, konten, dan fitur hiburan. Banyak bulletin board system (BBS) terhubung jaringan juga menyediakan akses on-line, seperti itu  FidoNet yaitu populer diantara pemakai komputer hobbyist, banyak yang mereka hackers dan amateur radio operator. 
UUCP dan Usenet
Pada 1979, dua murid di Duke University, Tom Truscott dan Jim Ellis, sampai pada ide dari sederhana penggunaan Bourne shell skrip untuk mengirim lagi dan pesan pada satu baris serial UUCP koneksi dengan dekat University of North Carolina at Chapel Hill. Mengikuti pelepasan publik dari perangkat lunak, merakit dengan UUCP dan menyelenggarakan penyampaian pada Usenet baru dengan cepat diperluas. UUCPnet, sepertinya nanti akan menjadi unggulan, juga menciptakan pintu gerbang dan hubungan terkait di antara  FidoNet dan angka telepon atas BBS yang selenggarakan. UUCP terhubung jaringan bebas yang terhubung cepat  dengan biaya lebih rendah dan,  X.25 hubungan terkait atau bahkan ARPANET koneksi, dan kekurangan dengan kebijakan penggunaan tegas (organisasi komersil yang mungkin menyediakan perbaikan) dibandingkan ke jaringan kemudian gemar CSnet dan Bitnet. Semua dihubungkan seperti lokal. Oleh 1981 angka dari UUCP menyelenggarakan mempunyai menumbuh ke 550, hampir menggandakan ke 940 pada 1984. –  Sublink Network, mengoperasikan sejak tanggal 1987 dan secara resmi ditemukan di Italia pada tanggal 1989, mendasari ini interconnectivity pada saat UUCP untuk mendistribusikan ulang pos dan pesan group kabar sepanjang ini bengkak urat Italia (kesana-sini 100 pada saat) dimiliki berdua oleh individu pribadi dan perusahaan kecil.  Sublink Network diwakili mungkin salah satu yang pertama contoh dari menjadi teknologi Internet kemajuan melalui difusi popular.
  
Merging the networks and creating the Internet (1973–90)
         Jaringan Merit dibentuk pada tahun 1966 sebagai Triad Educational Research Michigan Informasi untuk mengeksplorasi jaringan komputer antara tiga universitas negeri Michigan sebagai sarana untuk membantu pengembangan negara pendidikan dan ekonomi. Dengan dukungan awal dari Negara Bagian Michigan. dan National Science Foundation (NSF), jaringan paket-switched pertama kali didemonstrasikan pada Desember 1971 ketika sebuah host ke host interaktif koneksi dibuat antara sistem komputer mainframe IBM di University of Michigan di Ann Arbor dan Wayne State University di Detroit. Pada Oktober 1972 koneksi ke mainframe CDC di Michigan State University di East Lansing menyelesaikan tiga serangkai. Selama beberapa tahun berikutnya di samping host ke host koneksi jaringan interaktif telah disempurnakan untuk mendukung terminal untuk koneksi host, host to host koneksi batch (penyerahan pekerjaan jarak jauh, percetakan jarak jauh, batch file transfer), transfer file interaktif, gateway ke Tymnet dan Telenet jaringan data publik, X.25 lampiran host, gateway untuk X.25 jaringan data, host Ethernet terpasang, dan universitas publik akhirnya TCP / IP dan tambahan di Michigan bergabung dengan jaringan. Semua dari himpunan ini. panggung untuk peran Merit dalam proyek NSFNET mulai pada pertengahan 1980.
UUCP dan Usenet
Pada tahun 1979, dua mahasiswa di Duke University, Tom Truscott dan Jim Ellis, datang dengan ide untuk menggunakan Bourne shell script sederhana untuk mentransfer berita dan pesan pada koneksi UUCP serial line dengan Universitas terdekat of North Carolina di Chapel Hill. Mengikuti rilis publik dari perangkat lunak, mesh dari host UUCP forwarding pada berita Usenet cepat berkembang. UUCPnet, karena nantinya akan bernama, juga menciptakan hubungan antara gateway dan FidoNet dan dial-up BBS host. Jaringan UUCP menyebar dengan cepat karena biaya yang lebih rendah yang terlibat, kemampuan untuk menggunakan leased line yang ada, X.25 links atau bahkan koneksi ARPANET, dan kurangnya kebijakan penggunaan yang ketat (organisasi komersial yang mungkin memberikan perbaikan bug) dibandingkan dengan jaringan kemudian seperti CSNET dan Bitnet. Semua menghubungkan secara lokal. Pada 1981 jumlah host UUCP telah tumbuh dengan 550, hampir dua kali lipat ke 940 pada tahun 1984. - Sublink Jaringan, beroperasi sejak 1987 dan resmi didirikan di Italia pada tahun 1989, berdasarkan kesalingterkaitan yang pada UUCP untuk mail mendistribusikan dan kelompok berita seluruh node Italia pesan (sekitar 100 pada saat itu) yang dimiliki baik oleh perorangan dan perusahaan kecil. Jaringan Sublink mungkin mewakili salah satu contoh pertama dari kemajuan teknologi internet menjadi melalui difusi populer.
Penggabungan jaringan dan menciptakan Internet (1973-1990
)
TCP/IP

Peta dari  TCP/IP. uji jaringan di Pebruari 1982

Dengan sangat beberapa jaringan berbeda kiat, apapun diperlukan untuk mempersatukan mereka.  Robert E. Kahn. dari DARPA dan ARPANET  direkrut Vinton Cerf dari Stanford University, untuk dikerjakan dengan dia pada masalah. Oleh 1973, mereka telah menyelesaikan satu inti penjabaran ulang, dimana perbedaan di antara jaringan protokol disembunyikan oleh penggunaan satu umum internetwork protocol, dan dari pada jaringan menjadi bertanggung-jawab untuk keandalan, seperti pada ARPANET, penyelenggara jadi bertanggung jawab. Cerf mata ujian Hubert Zimmerman,  Gerard LeLann dan Louis Pouzin (perancang dari CYCLADES terhubung jaringan) dengan pekerjaan penting di sini disain.  [24]
Spesifikasi dari protokol dihasilkan,  RFC 675  – Spesifikasi dari Kontrol Transmisi Internet Program , oleh Vinton Cerf, Yogen Dalal dan Sinar Matahari Carl, Terhubung jaringan Kelompok Kerja, Desember 1974, mengandung yang pertama penggunaan terbuktikan dari masa Internet , sebagai satu stenografi untuk antar jaringan ; kemudiannya RFCs mengulangi penggunaan ini, sehingga sabda memulai tugas sebagai satu rada dibandingkan adjective  ini noun adalah hari ini.
SATU Stanford Research Institute  van radio paket, lokasi dari yang pertama three-way internetworked transmisi. 
Dengan peran dari jaringan yang mengurangi ke minimum terbuka, ini menjadi mungkin untuk menggabungkan hampir apapun jaringan bersama-sama, bukan masalah apa karakteristik mereka adalah, pemecahan dengan demikian inisialnya Kahn masalah. DARPA menyesuaikan untuk membiayai pembangunan dari perangkat lunak contoh asli, dan setelah beberapa tahun pekerjaan, yang pertama demo dari satu pintu gerbang di antara Packet Radio terhubung jaringan pada area Teluk SF dan ARPANET dikendali oleh Stanford Research Institute. Pada 22 November, 1977 tiga satuan jaringan demo dikendali meliputi ARPANET, Paket Radio Terhubung Jaringan dan Paket Lautan Atlantik jaringan Satelit.  Pembendungan dari yang pertama spesifikasi dari TCP pada 1974, TCP/IP dimuncul di pertengahan terlambat 1978 di hampir bentuk akhir. Oleh 1981, standar berhubungan diterbitkan seperti  RFCs 791, 792 dan 793 dan diadopsi untuk pergunakan. DARPA mesponsori atau anjurkan pembangunan dari TCP / implementasi IP bagi kebanyakan sistem operasi kemudian satu migrasi terjadwal dari semua penyelenggara pada semua jaringan paketnya ke TCP / IP. Pada 1 Januari, 1983, dikenal sebagai flag day, TCP / protokol IP jadi satu-satunya protokol disetujui pada ARPANET, menggantikan lebih awal NCP protocol.  
ARPANET ke area lebar yang memerintah pusat terhubung jaringan: MILNET, NSI, ESNet, CSNET, dan NSFNET




Teknologi TCP BBN / peta Internet IP awal 1986
Setelah ARPANET naik dan mengoperasikan untuk beberapa tahun, ARPA mencari agen lain untuk menangani batal jaringan ke; Primernya ARPA misi sedang membiayai potongan meneliti dan pembangunan, tidak mengoperasikan satu kegunaan komunikasi. Padahal, pada bulan juli 1975, jaringan telah diserahkan ke Defense Communications Agency, juga bagian dari Department of Defense. Pada 1983,  U.S. military  bagian dari ARPANET digentas sebagai satu jaringan terpisah, MILNET. MILNET sesudah itu menjadi tidak terklasifikasikan tapi militer hanya NIPRNET, di paralel dengan taraf RAHASIA SIPRNET dan  JWICS untuk PALING RAHASIA dan di atas. NIPRNET mempunyai pintu gerbang jaminan sekuritas terkontrol ke Internet publik.
Jaringan berlandaskan ARPANET adalah pemerintah membiayai dan oleh karenanya terbatas ke noncommercial mempergunakan seperti penelitian; penggunaan komersil yang tidak bertalian dengan keras melarang. Ini pada awalnya koneksi terbatas ke situs militer dan di universitas. Selama tahun 1980, koneksi yang memperluas ke pendidikan institusi bidang lagi, dan bahkan ke satu angka tumbuh dari perusahaan seperti Digital Equipment Corporation dan Hewlett-Packard, yaitu berpartisipasi di pekerjaan penelitian atau menyediakan jasa ke yang adalah.
Beberapa cabang lain dari U.S. governmentNational Aeronautics and Space Agency  (NASA),  National Science Foundation (NSF), dan Department of Energy  (KIJANG BETINA) menjadi dengan berat terbelit di Internet meneliti dan mengawali pembangunan dari satu pengganti ke ARPANET. Pada pertengahan 1980s, semua tiga dikembangkan cabang ini yang pertama Area Lebar Terhubung Jaringan berlandaskan TCP / IP. NASA mengembangkan Pengetahuan NASA Terhubung Jaringan, NSF mengembangkan CSNET dan Kijang Betina meningkatkan Pengetahuan Daya Terhubung Jaringan atau ESNet.


Tulang Belakang T3 NSFNET, c. 1992
NASA mengembangkan TCP / IP mendasari Pengetahuan Jaringan NASA (NSN) pada pertengahan 1980s, menghubungkan ahli sains ruang ke data dan keterangan menyimpan dimanapun di dunia. Pada 1989,  DECnet-mendasari Ruang Jaringan Analisa Fisika (JENGKAL) dan TCP / IP mendasari Pengetahuan Jaringan NASA (NSN) digabungkan di lembaga pengkajian penciptaan NASA Ames yang pertama daerah jaringan lebar multiprotocol panggil Pengetahuan Internet NASA, atau NSI. NSI didirikan untuk menyediakan satu secara total infrastruktur komunikasi terintegrasi ke komunitas ilmiah NASA untuk kemajuan di dunia, ruang dan ilmu yang mempelajari hidup. Sebagai satu kecepatan tinggi, multiprotocol, jaringan internasional, NSI menyediakan connectivity sekitar 20,000 ahli sains sampai ke tujuh benua.
Pada tahun 1981 NSF mendukung pembangunan dari Computer Science Network (CSNET). CSNET menghubungkan dengan ARPANET dan mempergunakan TCP / IP, dan mengoperasikan TCP / IP dengan X.25, tapi itu juga departemen didukung tanpa koneksi jaringan canggih, mempergunakan angka telepon otomoatis melalui pos. Ini mengalami kesulitan dengan CSNET dan menggunakan NSF untuk mempergunakan TCP / IP ketika ini menciptakan NSFNET, satu 56 kbit / s backbone didirikan pada 1986, itu terkoneksi NSF Yang dukung supercomputing pusat dan penelitian regional dan jaringan Pendidikan pada Amerika Serikat. Bagaimanapun, penggunaan dari NSFNET tidak terbatas pada penggunaan supercomputer dan 56 kbit / s jaringan dengan cepat menjadi dan lancar. NSFNET ditingkatkan mutu ke 1.5 Mbit / s pada 1988. Keberadaan dari NSFNET dan ciptaan dari Federal Internet Exchanges (Perbaikan) diijinkan ARPANET decommissioned pada 1990. NSFNET diperluas dan meningkatkan mutu ke 45 Mbit / s pada 1991, dan decommissioned pada 1995 ketika ini digantikan oleh tulang belakang yang dioperasikan oleh beberapa komersil Internet Service Providers.

Peralihan ke Internet
Masa "internet" diadopsi di yang pertama RFC menerbitkan pada protokol TCP( RFC 675 :  [29]   Kontrol Transmisi internet Program, Desember 1974) sebagai satu kependekan dari masa antar jaringan  dan keduanya kondisi dipergunakan interchangeably. Di umum, satu internet  adalah apapun terhubung jaringan TCP / IP penggunaan. Ini adalah sekitar waktu ketika ARPANET diperhubungkan dengan NSFNET di akhir 1980, untuk dipergunakan sebagai nama dari jaringan, Internet,  adalah sebuah global TCP / IP terhubung jaringan.
Seperti daya tarik di penjaringan lentang tumbuh dan aplikasi lagi untuk ini dikembangkan, teknologinya Internet mengawurkan sepanjang sisa dari dunia. Jaringan agnostic dekati di TCP / IP memaksudkan bahwa ini mudah untuk mempergunakan apapun infrastruktur jaringan yang sudah ada, seperti itu  IPSS. X. 25 jaringan, untuk membawa lalu lintas Internet. Pada 1984, London Perguruan Tinggi universitas menggantikan satelit melintasi samodera atlantik ini bertautan dengan TCP / IP berlalu IPSS.  
Banyak situs yang tidak dapat ke penghubung secara langsung ke Internet Yang mengawali ciptakan pintu gerbang sederhana untuk mengijinkan transfer dari e-mail, pada waktu itu paling penting adalah memakai aplikasi. Situs yang mana hanya punya terpakai koneksi sebentar-sebentar UUCP atau FidoNet dan dipercayakan pada pintu gerbang di antara jaringan ini dan Internet. Beberapa pintu gerbang melayani pergi berada di luar sederhana rekanan e-mail, seperti  akses ke situs FTP melalui UUCP atau e-mail.
             Akhirnya, Internet berkembang pesat . ARPANET sudah terkenal. Pada 1994, , Classless Inter-Domain Routing  diperkenalkan untuk mendukung konservasi lebih baik dari ruang dan alamat yang mana mengijinkan penggunaan dari route aggregation untuk menyusut ukuran dari routing tables.

TCP / IP goes global (1989–2000)
CERN, Internet Eropa, penghubung ke Tenang dan berada di luar
Di antara tahun 1984 dan tahun 1988 CERN berawal instalasi dan operasi dari TCP/IP ke interconnect mesin komputer internal utamanya ke stasiun kerja seperti PC dan satu sistem kendali orang yang bekerja di CERN dan berlanjut mengoperasikan satu terbatas diri sistem dikembangkan CERNET secara internal dan beberapa yang tak dapat dirangkap (secara khas dimiliki) terhubung jaringan protokol secara eksternal. Ada daya tahan pantas dipertimbangkan di Eropa menggunakan TCP/IP dan CERN TCP / IP Intranets terisolasi dari Internet hingga tahun 1989.
Internet mulai tembus  di Asia akhir tahun 1980. Jepang, mempunyai jaringan UUCP mendasari jaringan JUNET pada 1984, dihubungkan ke NSFNET  pada tahun 1989. Ini selenggarakan rapat tahunan dari Internet Society, INET ' 92, di Kobe. Singapore.  dikembangkan TECHNET pada 1990, dan Thailand diperoleh satu Koneksi Internet global di antara universitas Chulalongkorn dan UUNET pada 1992.  
Terpecahnya digital yang global
      Di Afrika ada awal tahun 1990, di negeri afrika mempercayakan pada saat X.25 IPSS dan 2400 modem jaringan UUCP menghubungkan untuk komputer internasional dan antar jaringan komunikasi.
Di Mulia 1995, InfoMail Uganda, Ltd., satu secara pribadi firma ada di Kampala sekarang dikenal sebagai InfoCom, dan NSN Terhubung Jaringan Jasa dari Avon, Colorado, dijual pada 1997 dan sekarang dikenal sebagai Kanal Bersih Satelit, mendirikan Afrika orang pribumi pertama Internet satelit berkecepatan tinggi TCP / IP layanan. Koneksi data mula-mula dibawa oleh satu c Band satelit Rusia RSCC yang mana menghubungkan Kampalanya InfoMail kantor secara langsung ke MAEnya NSN Akademi Militer West Point dari buat-buatan mempergunakan satu jaringan pribadi dari stasiun asas tersewanya NSN di Jersey New. InfoCom koneksi satelit pertama baru 64 kbit / s, melayani satu komputer penyelenggara Matahari dan duabelas KITA Robotics mengangka telepon modem atas.
Pada 1996 satu  USAID membiayai proyek,  Inisiatif Leland , diawali mengerjakan perkembangan Internet penuh connectivity untuk benua. , Mozambique, GuineaMadagascar dan Rwanda pada satellite earth stations 1997, diikuti oleh  CĆ“te d'Ivoire and Benin pada 1998.
Afrika sedang membangun satu infrastruktur Internet.  AfriNIC, headquartered di  Mauritius., mengatur alokasi Alamat IP untuk benua. Seperti lakukan daerah Internet yang lain, ada satu forum operasional, Komunitas Internet dari Spesialis Penjaringan Operasional.
Ada satu jangkauan luas dari program keduanya untuk menyediakan pabrik transmisi kinerja tinggi, dan pantai barat dan selatan punya kabel optis yang dibawah permukaan laut. Kabel kecepatan tinggi menggabungkan Afrika Utara dan Horn dari Afrika ke sistem kabel antar benua. Pembangunan kabel dibawah permukaan laut adalah lebih lambat untuk Afrika Timur; hubungan asli usaha di antara  New Partnership for Africa's Development (NEPAD). dan Sistem Kapal Selam Afrika Timur (Eassy) telah menggentas dan mungkin menjadi dua upaya.  
Asia dan Kepulanan Oceania
Asia Pacific Network Information Centre (APNIC), headquartered di Australia, mengatur alokasi Alamat IP untuk benua. APNIC mesponsori satu forum operasional, Tenang Asia Konferensi Internet regional pada Teknologi Operasional (APRIKOT).
Pada 1991, republik cinanya orang-orang melihat ini pertama TCP/IP jaringan perguruan tinggi,  Tsinghua University's TUNET. PRC melanjutkan membuat Koneksi Internet pertama global pada 1994, di antara Spektrometer Kerjasama Beijing Electro dan Stanford University's Pusat Pemercepat Linear. Bagaimanapun, Cina melanjutkan menerapkan sendiri digital dengan menerapkan satu negara lebar yaitu content filter.  
Amerika Latin
Di Amerika latin seperti dengan daerah yang lain,  the Latin American and Caribbean Internet Addresses Registry (LACNIC) atur ruang alamat IP dan sumber daya lain untuk area ini. LACNIC, headquartered di Uruguay, operasikan DNS pakukan, balikkan DNS, dan kunci lain layanan.

Membuka jaringan ke perdagangan
Daya tarik pada penggunaan komersil dari Internet jadi satu dengan semangat berdebat topik. Walau penggunaan komersil dilarang, definisi tepat dengan penggunaan komersil dapat menjadi belum jelas dan hubungan.  UUCP Jaring dan X.25 IPSS tidak punya pembatasan demikian, yang yang akan secepatnya melihat halang resmi dari penggunaan UUCPNet dari ARPANET dan NSFNET koneksi. Beberapa UUCP menghubungkan masih penghubung yang tinggal ke jaringan ini bagaimanapun, saat pengurus membentuk satu mata tirai untuk operasi mereka.


Selama tahun1980s, yang pertama Internet service provider (ISP) perusahaan dibentuk. Perusahaan gemar PSINet, UUNET, Netcom, dan  Portal Softwaredibentuk untuk menyediakan jasa ke penelitian regional terhubung jaringan dan menyediakan akses jaringan bergantian, UUCP mendasari e-mail dan Usenet News  ke publik. Yang pertama komersil dialup ISP pada Amerika Serikat adalah The World, dibuka pada 1989.  
Pada 1992, Konggres melewati Teknologi Ilmiah dan Lanjutan Berulah,  42 U.S.C. § 1862(g), yang diijinkan NSF untuk mendukung akses oleh komunitas penelitian dan Pendidikan untuk jaringan komputer yang mana bukan dipergunakan khususnya untuk meneliti dan penggunaan Pendidikan, dengan demikian mengijinkan NSFNET kepada interconnect dengan jaringan komersil.  [40] 41]  Ini menyebabkan kontroversi pada komunitas penelitian dan Pendidikan, siapa kaitkan penggunaan komersil dari mungkin jaringan pimpin ke satu Internet yang adalah kurang mau mendengarkan untuk kebutuhan mereka, dan pada komunitas dengan penyedia jaringan komersil, siapa dirasakan pemerintah itu subsidi sedang memberikan satu keuntungan secara tak wajar untuk beberapa organisasi.  
Oleh 1990, ARPANET telah disusul dan digantikan oleh teknologi penjaringan lebih baru dan proyek datang ke satu tutup. Jaringan lagi melayani penyedia termasuk PSINet, Alternet, CERFNet, ANS CO + TENTANG, dan banyak orang lain sedang menawarkan terhubung jaringan akses ke pelanggan komersil.  NSFNET adalah tidak lagi de fakto tulang belakang dan titik pertukaran untuk Internet.  Commercial Internet eXchange  (CIX),  Metropolitan Area Exchanges (MAEs), dan kemudian Network Access Points  (Kerlap) sedang menjadi interkoneksi primer di antara banyak jaringan. Pembatasan akhir di dalam membawa lalu lintas komersil berakhir pada 30 April, 1995 ketika Pengetahuan Nasional Pondasi berakhir pensponsoran ini dari Tulang Belakang NSFNET Layanan dan jasa berakhir. NSF menyediakan inisial mendukung untuk dukungan Kerlap dan sementara untuk menolong penelitian regional dan peralihan jaringan Pendidikan ke ISPs komersil. NSF juga mesponsori very high speed Backbone Network Service (vBNS) yang berlanjut menyediakan dukungan untuk supercomputing memusat dan penelitian dan Pendidikan pada Amerika Serikat.

Gugus Tugas Rancang-bangun internet
Gugus Tugas Rancang-bangun Internet (IETF) adalah satu dengan bebas diri group terorganisir dari tenaga sukarela yang menyokong ke rancang-bangun dan evolusi dari teknologi Internet. Ini adalah tubuh terpenting terlibat dalam pembangunan dari Internet lagi spesifikasi standar. Banyak pekerjaannya IETF dilakukan dalam Kelompok Kerja. Ini tidak "operasikan Internet", terlepas dari apa sebagian orang mungkin dengan sembarangan berkata. IETF membuat standar itu adalah sering diadopsi oleh pengguna Internet, tapi ini tidak mengontrol, atau bahkan ronda, Internet.
IETF yang memulai pada Januari 1986 sebagai satu rapat triwulanan dari U.S. pemerintah membiayai peneliti. Bukan pemerintah wakil diundang mengawali dengan ke-empat IETF bertemu di Oktober 1986. Konsep dari Kelompok Kerja diperkenalkan pada ke-lima IETF bertemu di Pebruari 1987. Yang ketujuh IETF menjumpai pada bulan juli 1987 adalah yang pertama mengalami lebih dari 100 peserta. Pada 1992,  Internet Society, keahlian professional.  Dibentuk IETF mulai operasikan di bawahnya sebagai satu standar internasional independen. Yang pertama IETF menjumpai di luar Amerika Serikat digenggam di Amsterdam, Negeri Belanda, pada bulan juli 1993.
IETF adalah tidak biasa ke situs lain dan terjadi sebagai satu koleksi saja, tapi korporasi dan  dewan direktur, tidak ada anggota, dan tidak ada hak. Hal terdekat di situ adalah satu anggota IETF adalah berada di atas IETF atau satu daftar alamat Kelompok Kerja. IETF menyukarelawani berasal dari seluruh dunia dan dari beberapa bagian berbeda dari komunitas Internet. IETF mengerjakan lekat dengan dan pada pengawasan dari the Internet Engineering Steering Group (IESG)  dan Internet Architecture Board (IAB).  Internet Research Task Force (IRTF) dan Internet Research Steering Group (IRSG), amati aktivitas untuk IETF dan IESG pada pengawasan umum dari IAB, fokuskan pada penelitian masa lebih panjang emisi.  
Cari Komentar Ulang
Cari Komentar ulang (RFCs) adalah dokumentasi utama untuk pekerjaan dari IAB, IESG, IETF, dan IRTF.  RFC 1 , "Selenggarakan Perangkat Lunak", ditulis oleh Steve Crocker di UCLA di April 1969, baik sebelum IETF diciptakan. Mula-mula mereka adalah aspek teknis mendokumentasikan memo dari pembangunan ARPANET dan adalah teredit oleh mendiang Jon Postel, yang pertama RFC Editor.
RFCs meliputi satu jangkauan luas dari keterangan standar diusulkan, standar draft, standar penuh, praktek terbaik, protokol percobaan, riwayat, dan topik informational lain.RFCs dapat ditulis oleh individu atau group informal dari individu, tapi banyak adalah produk dari satu Kelompok Kerja formil lagi. Draft disampaikan ke IESG yang manapun oleh individu atau dengan Kepala Kelompok Kerja. Satu Editor RFC, ditugaskan oleh IAB, terpisah dari IANA, dan bekerja di kata penghubung dengan IESG, dapat draft dari IESG dan mengedit, format, dan terbitkan mereka. Satu kali satu RFC diterbitkan, ini jangan diperbaiki. Kalau standarnya mendeskripsikan perubahan atau keterangan ini menjadi usang, standar diperbaiki atau keterangan diperbarui akan tentang diterbitkan sebagai satu baru RFC bahwa "usang" asli.  

NIC, InterNIC, IANA dan ICANN
Yang pertama pusat otoritas untuk mengoordinir operasi dari jaringan adalah Network Information Centre (NIC) di Stanford Research Institute (SRI) di Menlo Park,, California. Pada 1972, manajemen dari emisi ini diberikan ke baru saja ciptakan Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Sebagai tambahan terhadap perannya sebagai Editor RFC,  Jon Postel dikerjakan sebagai manajer dari IANA hingga kematiannya pada 1998.
Sebagai awal ARPANET tumbuh, penyelenggara ditunjuk untuk sesuai nama, dan satu file HOSTS.TXT akan dibagikan dari SRI International untuk masing-masing penyelenggara pada jaringan. Sebagai jaringan tumbuh, ini jadi susah. Satu solusi teknis masuk bentuk dari Domain Name System, diciptakan oleh Paul Mockapetris. Data Pertahanan Keterangan Pusat Network—Network (DDN NIC) di SRI menangani semua kantor pencatatan sipil, termasuk top-level domains (TLDs) dari .mil, .gov, .edu, .org, .net, .com dan.us, root nameserver angka administrasi dan Internet tugas pada satu United States Department of Defense kontrak.  [53]  Pada 1991, Sistem Informasi Agen Pertahanan (DISA) dihadiahi administrasi dan pemeliharaan dari DDN NIC (diatur oleh SRI sampai pada titik ini) ke Sistem Pemerintah, Inc., siapa subcontracted ini ke pribadi kecil sektor  Network Solutions, Inc.
Kebanyakan dari perkembangan pada Internet berasal dari bukan militer cari sumber, ini diputuskan itu Department of Defense akan tidak lagi biayai kantor pencatatan sipil di luar TLD .mil. Pada 1993 U.S.  National Science Foundation, setelah satu tawaran kompetitif berjalan pada 1992, diciptakan InterNIC untuk mengatur alokasi dari alamat dan manajemen dari database alamat, dan hadiahi kontrak ke tiga organisasi. Kantor pencatatan sipil akan disediakan olehNetwork Solutions; Jasa direktori dan Database akan disediakan oleh AT&T; dan Jasa Keterangan akan disediakan olehGeneral Atomics.
Pada 1998 berdua IANA dan InterNIC disusun kembali pada kontrol dari ICANN, satu California non-profit corporation dikontrak oleh United States Department of Commerce untuk mengatur sejumlah Internet berhubungan tugas. Peran dengan beroperasi sistem DNS adalah privatized dan membuka ke kompetisi, sementara manajemen pusat dari alokasi nama akan dihadiahi pada satu basis lembut kontrak.
Globalisasi dan abad ke-21
Sejak tahun 1990,  Internet's governance. dan organisasi dengan kepentingan global ke perdagangan. Organisasi yang menggenggam kontrol dengan aspek teknis tertentu dari Internet adalah keduanya pengganti dari yang tua kekhilafan ARPANET dan pembuat keputusan saat ini pada teknis sehari-hari aspek dari jaringan. Sementara secara formal dikenal sebagai pengurus dari jaringan, peran mereka dan keputusan mereka tunduk kepada penelitian dengan cermat internasional dan keberatan yang membatasi mereka. Keberatan ini telah memimpin ke ICANN menyingkirkan diri mereka sendiri dari hubungan dengan pertama University of Southern Californiapada 2000, dan akhirnya di September 2009, memperoleh otonomi dari Pemerintah Amerika oleh berakhir dari ini kesepakatan longstanding, walau beberapa kewajiban susuai kontrak dengan Depatemen Perdagangan berlanjut hingga paling tidak 2011. Riwayat dari Internet akan sekarang jadi lelah pada beberapa jalan sebagai satu konsekwensi dari organisasi ICANN.

Pada peran dari standar pembentukan menghubungkan dengan Internet, IETF berlanjut melayani sebagai standar ad hoc golongkan. Mereka berlanjut mengeluarkan Request for Comments diberi nomor secara sekuen dari RFC 1  pada ARPANET proyeksikan, antara lain, dan pendahuluan IETF adalah GADS Task Forceyaitu sekelompok Pemerintah Amerika membiayai peneliti pada 1980s. Banyak group pembangunan terbaru telah dengan keperluan global, seperti itu internationalized domain names.  kelompok kerja yang mengembangkan hal-hal sepertiInternet Society. telah menolong biayai IETF, menyediakan kekhilafan terbatas.
Futurology: Bumi di luar dan TCP / IP (2010 untuk sajikan)
Yang pertama kehidupan penghubung Internet ke dalam low earth orbitdidirikan pada 22 Januari, 2010 ketika angkasawan T. J. Poci Kecil Untuk Kepala Susu menempatkan yang pertama pembaharuan tanpa bantuan untuk rekening Bercicit-cicitnya dari International Space Station, menandai ekstensi dari Internet ke dalam ruang. (Angkasawan pada Yang ISS telah mempergunakan e-mail dan Bercicit-cicit sebelum, tapi pesan ini telah relayed ke halus melalui satu hubungan data NASA sebelum ditempatkan oleh satu proksi manusia.) Akses Web pribadi ini, yang NASA memanggil Dukungan Anak Buah Kapal LAN, pergunakan kecepatan tingginya setasiun ruang Ku band penghubung gelombang mikro. Untuk berselancar Web, angkasawan dapat mempergunakan satu stasiun komputer laptop untuk mengontrol satu komputer desktop di atas bumi, dan dapat mereka perbincangkan untuk keluarga dan rekan mereka di atas bumi mempergunakan Voice over IP alat-alat perlengkapan.
Komunikasi dengan kapal angkasa berada di luar bumi garis edar yang secara kebiasaan telah adalah titik terlalu untuk menunjuk hubungan terkait melalui Deep Space Network. Masing-masing hubungan data demikian secara manual terjadwal dan terkonfigur. Di akhir 1990s NASA dan valid.Google mulai mengerjakan satu protokol jaringan baru,  Delay-tolerant networkingotomatiskan yang proses ini, ijinkan penjaringan dari transmisi bengkak urat spaceborn, dan ambil fakta ke dalam rekening kapal angkasa itu dapat sementara kehilangan kontak karena mereka menggerakkan di belakang bulan atau planet, atau karena ruang "cuaca" ganggu koneksi. Di bawah kondisi demikian, DTN kirimkan ulang paket data dari pada mereka tetes, sebagai protokol internet TCP / IP standar lakukan. NASA mengendali yang pertama uji lapangan dari apa yang ini memanggil "internet ruang dalam" di Bulan November 2008.  Teknologi jaringan ini diandaikan untuk memperbolehkan misi yang melibatkan beberapa kapal angkasa dimana yang dapat dipercaya inter komunikasi kapal mungkin mengambil hak yang lebih tinggi berlalu kapal untuk membumi downlinks.

Penggunaan dan budaya
E-mail dan User
E-mail adalah sering dipanggil killer application dari Internet. Bagaimanapun, ini sebenarnya dahului Internet dan adalah satu alat rumit di dalam menciptakan ini. E-mail memulai pada 1965 sebagai satu cara untuk pengguna perkalian dari satu .  time-sharing mainframe computer untuk komunikasikan. Walau riwayat adalah belum jelas, antara yang pertama sistem untuk mempunyai seperti itu fasilitas SDC's Q32 danCTSS.
Jaringan komputer ARPANET buat satu kontribusi besar ke evolusi dari e-mail. Ada satu laporan menandai percobaan inter sistem e transfer pos di atasnya segera setelah ciptaannya ARPANET. Pada 1971 Ray Tomlinson diciptakan yang adalah untuk menjadi Internet standar format alamat e-mail, penggunaan @ tanda untuk memisahkan sebut pengguna dari menyelenggarakan sebut.  
Sejumlah protokol dikembangkan untuk menyampaikan e-mail antara group dari komputer berbagi waktu berlalu sistem transmisi alternatif, seperti itu UUCP and IBM's VNET e ,  sistem e-mail. E-mail dapat dilewati cara ini di antara sejumlah jaringan, termasukARPANET, BITNET and NSFNET,, seperti halnya untuk menyelenggarakan terkoneksi secara langsung ke situs lain melalui UUCP. Lihat history of SMTP  protokol
Sebagai tambahan, UUCP mengijinkan penerbitan dari berkas text itu dapat dibaca oleh banyak orang lain. Perangkat lunak Baru dikembangkan oleh Steve Daniel dan Tom Truscott pada 1979 biasanya membagikan lagi dan papan buletin seperti pesan. Ini dengan cepat ditumbuh ke dalam group bahasan, dikenal sebagai newsgroups, pada satu jangkauan luas dari topik. Pada ARPANET dan group bahasan serupa NSFNET akan membentuk melalui mailing lists, mendiskusikan berdua emisi teknis dan lagi secara cultural topik tercurah (fiksi ilmiah seperti itu, didiskusikan pada sflovers  daftar alamat).
Selama tahun awal dari Internet, e-mail dan mekanisme serupa adalah juga fundamental untuk mengijinkan orang-orang untuk mengakses sumber daya yang adalah tidak tersedia sehubungan dengan absensi dengan connectivity online. UUCP adalah sering dipergunakan untuk bagikan file mempergunakan ' alt.binary ' group. Juga,  FTP e-mail gatewaysmengijinkan orang-orang yang hidup di luar KITA dan Eropa untuk mengambil berkas penggunaan file ftp memerintahkan tertulis di dalam e pesan e-mail. File disandi, dipatahkan terpenggal-penggal dan dikirimkan oleh e-mail; penerima yang harus kumpulkan kembali dan pecahkan sandi ini kemudian, dan ini adalah satu-satunya cara untuk orang-orang hidup seberang lautan untuk mengambil berkas butir data seperti versi Linux lebih awal mempergunakan angka telepon alon-alon menaiki koneksi siap pada saat. Setelah popularisasi dari Web dan protokol HTTP alat demikian adalah perlahan terlantar.
From gopher to the WWW
Artikel utama:  History of the World Wide Web and World Wide WebSebagai Internet tumbuh melalui 1980s dan awal 1990s, banyak orang-orang sadari kebutuhan peningkatan agar mampu menemukan dan mengorganisir file dan keterangan. Proyek seperti itu Gopher, WAIS, dan FTP Mengarsip daftar mencoba untuk menciptakan jalan untuk mengorganisir data terdistribusi. Sungguh sial, ini proyek tidak mencukupi di dalam mampu untuk mengakomodasi semua data yang sudah ada mengetik dan di dalam mampu untuk menumbuh tanpa kemacetan.
Salah satu yang paling janji user interface paradigmsselama periode ini adalah was hypertext. Teknologi telah diilhami oleh Vannevar Bush's "Memex dan dikembangkan melalui Ted Nelson's penelitian pada Project Xanadu and Douglas Engelbart's 's penelitian pada NLS   Banyak kekecilan sistem hypertext serba cukup telah diciptakan sebelum, Komputer Apel seperti itu HyperCard (1987). Gopher jadi yang pertama biasanya terpakai hypertext menghubungkan ke Internet. Sementara menu butir data Gopher adalah contoh dari hypertext, mereka biasanya perasa di cara itu.
Ini NeXT Computerdipergunakan oleh Sir Tim Berners-Lee at CERNdan menjadi dunia pertama Web server.
Pada 1989, sementara bekerja diCERN, Tim Berners-Lee ditemukan satu jaringan mendasari implementasi dari konsep hypertext. Dengan melepaskan penemuannya ke penggunaan publik, dia memastikan teknologi akan menjadi lentang.  Untuk pekerjaannya di perkembangan Jaringan Internet Seluruh Dunia, Tempat Teduh Berners dapat Millennium technology prizepada 2004.   Satu awal aplikasi penjelajah populer, berbentuk model setelahHyperCard,, adalah ViolaWWW..
Satu titik putar potensial untuk Jaringan Internet Seluruh Dunia memulai dengan pengantar dari  Mosaic web browser pada 1993, satu penjelajah grafis dikembangkan oleh team-elit pada National Center for Supercomputing Applications pada University of Illinois at Urbana-Champaign (NCSA UIUC), dipimpin olehMarc Andreessen.. Membiayai untuk Mozaik berasal dari Komputasi Kinerja tinggi dan Inisiatif Komunikasi , satu program pembiayaan dimulai oleh  High Performance Computing and Communication Act of 1991juga dikenal sebagai Gore Bill. Bahwasanya, Mosaik alat penghubung grafis segera menjadi lebih populer dibandingkan Gopher, yang pada saat terutama semata teks berdasar, dan WWW jadi alat penghubung disukai untuk mengakses Internet. (Referensinya darah kental untuk perannya di "menciptakan Internet", bagaimanapun, ditertawakan di his presidential election campaign. Lihat artikel penuh Al Gore and information technology).
Mozaik secepatnya digantikan pada 1994 oleh AndreessenNetscape Navigator,, yang digantikan Mozaik seperti dunia paling penjelajah populer. Sementara ini menggenggam judul ini untuk kapan-kapan saja, padahal kompetisi dari Internet Explorer dan berbagai dengan habis-habisan lain nyaris penjelajah memindahkan ini. Penting yang lain peristiwa menunggu 11 Januari, 1994, adalah The Superhighway Summit di UCLA's Royce Hall. Ini adalah "konferensi umum pertama menggabungkan semua industri utama, para pemimpin pemerintah dan akademis pada bidang [and] juga memulai dialog nasional sekitar Information Superhighway dan implikasi ini."  
24 Hours in Cyberspace, "sesuatu paling besar peristiwa online hari" (8 Februari, 1996) sampai tanggal itu, diambil tempat pada maka aktif situs web,  cyber24. com.  [74] 75]  Ini adalah dipimpin oleh tukang photo Rick Smolan.. Satu pameran fotografis disingkap padaSmithsonian Institution's National Museum of American History pada 23 Januari, 1997, mencirikan 70 foto dari proyek.

Mesin pencari
Bahkan sebelum Jaringan Internet Seluruh Dunia, di sana adalah mesin pencari yang tercoba untuk mengorganisir Internet. Yang pertama ini adalah Archie search engine dari universitas McGill pada 1990, diikuti 1991 oleh WAISdan Gopher. Semua tiga sistem itu dahului penemuan dari Jaringan Internet Seluruh Dunia kecuali semua berlanjut ke daftar isi buku Web dan sisa dari Internet untuk beberapa tahun setelah Web tampak. Di sana masih server Gopher terhitung sejak 2006, walau di situ adalah satu hebat banyak lagi yang lain web server.
[ Sebagai Web tumbuh,  search engines dan Web directoriesdiciptakan untuk menjejaki halaman pada Web dan mengijinkan orang-orang untuk menemukan hal-hal. Yang pertama mesin pencari penuh Web teks adalah WebCrawlerpada 1994. Sebelum WebCrawler, hanyalah Halaman Web judul dicari. Mesin pencari awal yang lain,  Lycos diciptakan pada 1993 sebagai satu proyek universitas, dan adalah yang pertama untuk mencapai sukses komersil. Selama almarhum 1990s, direktori Web berdua dan mesin pencari Web adalah popular Yahoo! (didirikan 1994) dan Altavista (didirikan 1995) adalah masing-masing para pemimpin industri. Oleh Mulia 2001, model direktori telah memulai jeblos ke mesin pencari, menjejaki naik dari Google (didirikan 1998), punyai yang pendekatan baru yang dikembangkan ke relevancy ranking. Fitur direktori, sementara masih biasanya tersedia, dijadi setelah pikir ke mesin pencari.
Ukuran database, yang yang adalah satu pemasaran berpengaruh nyata mencirikan melalui awal 2000s, dengan cara yang sama dipindahkan oleh penekanan pada tergolong kaitan, cara dengan mana mesin pencari mencoba urutkan hasil terbaik pertama. Tergolong kaitan pertama menjadi satu emisi utama circa 1996, ketika ini jadi nyata bahwa ini tidak praktis untuk menelaah daftar penuh dari hasil. Alhasil,  algorithmsuntuk tergolong kaitan secara terus-menerus telah tingkatkan. GooglePageRank kiat untuk mengorder yang hasil telah dapat tekan yang paling, tapi semua utama mesin pencari suling terus menerus metodologi tergolong mereka dengan satu pandangan ke arah peningkat pemesanan dari hasil. Terhitung sejak 2006, tergolong mesin pencari jadilah lebih penting dibandingkan selalu, sekian banyak sangat itu satu yang industri telah kembangkan("search engine optimizers", atau "SEO") untuk menolong pengembang web meningkatkan tergolong pencarian mereka, dan satu keseluruhan tubuh dari  case lawtelah kembangkan hal di sekitar pengaruh itu tergolong mesin pencari, penggunaan seperti itu dari trademarks di metatags. Penjualan dari tergolong pencarian oleh beberapa mesin pencari juga
sudah menciptakan kontroversi antara ahli perpustakaan dan advokat konsumen.  
Pada 3 Juni, 2009,  Microsof meluncurkan ini mesin pencari baru,  Bing. Bulan berikut Microsoft dan Yahoo! diumumkan satu kesepakatan dimana Bing akan daya Yahoo! Search.

Gelembung titik dot com 
Tiba-tiba murah jangkau jutaan di seluruh dunia, dan kemungkinan dari jual ke atau dengar dari orang-orang itu pada saat yang sama ketika mereka dijangkau, dijanjikan untuk menjungkirkan dogma bisnis didirikan di iklan,  mail-order penjualan,  customer relationship management, dan banyak lagi yang lain area. Web adalah satu baru killer app ini dapat menggabungkan pembeli tidak bertalian dan penjual pada jalan tanpa kelim dan murah. Pengelamun di seluruh bumi model bisnis baru yang dikembangkan, dan lari menuju paling dekat mereka venture capitalist. Sementara beberapa pengusaha baru punya pengalaman di bisnis dan ekonomi, mayoritas hanya orang-orang dengan ide, dan tidak mengatur banjir modal dengan bijaksana. Selain itu, banyak titik com memberi perencanaan bisnis diberi predikat pada dugaan itu dengan mempergunakan Internet, mereka akan membypass distribusi saluran dengan bisnis yang sudah ada dan oleh karenanya tidak punyai untuk dibalap dengan mereka; ketika bisnis didirikan dengan merek yang sudah ada yang kuat kembangkan buat-buatan Internet mereka sendiri, asa ini dihancurkan, dan pendatang baru ditinggalkan mencoba untuk mematahkan ke dalam didominasi pasar oleh lebih besar, bisnis lebih didirikan. Banyak tidak mempunyai kemampuan untuk lakukan.
Ledakan gelembung titik com memberi di Maret 2000, dengan teknologi berat NASDAQ Composite. indexing pencapaian puncak pada 5,048. 62 pada 10 Maret  [81]   (5,132. 52 intraday), lebih dari ganda ini menghargai baru satu tahun sebelum. Oleh 2001, deflasinya gelembung sedang mengoperasikan kecepatan penuh. Sebagian terbesar yang titik com memberi telah menggencat berdagang, setelah mempunyai membakar melalui mereka  venture capitaldan IPO modal, sering tanpa selalu pembuatan satu profit. Tapi walaupun ini, Internet berlanjut menumbuh, dipandu oleh perdagangan, semakin besar jumlah dengan keterangan online dan penjaringan pengetahuan dan kemasyarakatan.

Populasi online ramalkan
Satu pembahasan yang dikendali oleh JupiterResearch mengantisipasi bahwa satu 38 persen banyak pada angka dari orang-orang dengan akses online akan memaksudkan tersebut, oleh 2011, 22 persen populasinya bumi akan berselancar Internet secara teratur. Laporan mengatakan 1.1 milyar orang-orang yang punya Web tetap akses. Untuk pembahasan, JupiterResearch mendefinisikan pengguna online seperti orang-orang siapa secara teratur mengakses Internet dari alat Akses Internet dibaktikan, keluarkan yang telepon selular.  

Telpon bergerak dan Internet
Lihat juga:  Mobile Web
Yang pertama telpon bergerak dengan Internet connectivity adalah Nokia 9000 Communicator., diluncurkan di Negara Finlandia pada 1996. Kelangsungan hidup dari akses jasa Internet pada telpon bergerak adalah terbatas hingga harga turun dari model itu dan penyedia jaringan mengawali kembangkan sistem dan jasa dengan senang hati yang dapat diakses pada telpon.  NTT DoCoMo di Jepang meluncurkan yang pertama Internet bergerak layanan,  i-mode,, pada 1999 dan ini dipertimbangkan kelahiran dari Internet telpon bergerak layanan. Pada 2001 sistem e-mail telpon bergerak oleh Research in Motionuntuk mereka BlackBerry produk diluncurkan di Amerika. Untuk membuat penggunaan efisien dari layar kecil dan  tiny keypad dan sesuatu menangani khas operasi dari telpon bergerak, satu dokumen spesifik dan model penjaringan diciptakan untuk alat bergerak,  Wireless Application Protocol (WAP). Paling Internet alat bergerak melayani mengoperasikan WAP penggunaan. Perkembangan dari pelayanan menelpon bergerak pada awalnya satu terutama semata fenomena Asia dengan Jepang, Korea Selatan dan Taiwan semua segera menemukan mayoritas dari mengakses pengguna Internet mereka sumber daya melalui telephone rada dibandingkan dengan PC. Mengembangkan negara mengikuti, dengan India, Afrika selatan, Kenya, Philippina, dan Pakistan semua melaporkan bahwa mayoritas dari pengguna domestik mereka akses Internet dari satu telpon bergerak agak dibandingkan satu PC. Eropa dan penggunaan Amerika Utara dari Internet dipengaruhi oleh satu dasar besar terinstal dari komputer pribadi, dan perkembangan dari Akses Internet telpon bergerak jadilah lebih berangsur-angsur, tapi telah menjangkau taraf penembusan nasional dari 20–30% di paling Film Koboi negara.  Seberang berlalu terjadi pada 2008, ketika lebih Akses Internet alat adalah telpon bergerak dibandingkan komputer pribadi. Pada beberapa bagian dari dunia berkembang, rasio adalah sebanyak 10 pengguna telpon bergerak ke satu pengguna PC.  

Historiography
Beberapa keprihatinan telah dinaikkan berlalu historiographydari pembangunannya Internet. Terperinci bahwa ini adalah dokumentasi sulit ditemukan dari banyak pembangunannya Internet, untuk beberapa alasan-alasan, meliputi satu kekurangan dengan dokumentasi terpusat untuk banyak pembangunan awal yang menggunakan ke Internet.
"Periode Arpanet sedikit banyak baik didokumentasikan sebab korporasi yang berwenang – BBN – sebelah kiri satu rekaman fisik. Menggerakkan ke dalam NSFNETera, ini jadi satu secara luar biasa proses terdesentalisasi. Rekaman berada di landasannya orang-orang, di kamar kecil.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar